Sabtu, 15 Desember 2012

RPP PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD KELAS VI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                              :   MI Islamiyah Plososetro
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas / Semester              :   VI / 1
Pertemuan Ke-                 :   1 - 4
Alokasi Waktu                   :   8 x 35 menit

A.   Standar Kompetensi                 
3. Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga

B.   Kompetensi Dasar
3.3 Menghitung volume prisma segitiga dan tabung lingkaran

C.   Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat

  • Menurunkan rumus volume berbagai bangun ruang dari volume balok.
  • Menerapkan rumus volum dalam pemecahan masalah

  
      Karakter siswa yang diharapkan :  
Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab, Menghargai Prestasi

D.   Materi Ajar
Luas dan volume


  • Volume Prisma Segitiga dan Tabung Lingkaran
  • Menerapkan Rumus Volume Tabung Lingkaran


E.    Metode Pembelajaran
percobaan, observasi, dan diskusi

F.    Langkah-Langkah Pembelajaran
     Pertemuan ke 1 - 2

   Kegiatan Awal
-      Memberikan motivasi. 
-      Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang luas berbagai bangun datar.


   Kegiatan Inti
Eksplorasi 
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  • Peserta didik dapat Melakukan percobaan dengan menggunakan media prisma segi tiga dan kubus yang dibentuk menjadi balok.
  • Pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat menurunkan rumus volum berbagai bangun ruang
Elaborasi 
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal.
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
  • Menyimpulkan materi
  • Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
  • Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke 3 - 4
§  Kegiatan Awal
-      Memberikan motivasi.
-      Apersepsi
§  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik dapat Menghitung volume prisma segitiga dan tabung lingkaran
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat mengaplikasikan rumus luas, volume, dan keliling bangun dalam pemecahan masalah sehari-hari.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Menyimpulkan materi
F  Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
F  Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

G.   Alat / Bahan / Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk SD / MI Kelas 6
§  LKS Mata Pelajaran Matematika SD / MI untuk Kelas VI 
§  Kubus
§  Balok
§  Bola
§  Kerucut
§  Tabung
§  Limas segi empat
§  prisma segi lima

H.   Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Rasa ingin tahu : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
o  Mandiri : Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.


o  Kreatif: Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
o  Kerja keras : Perilaku yang menunjukkan upaya         sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
o  Disiplin : Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan
o  Demokratis : Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
o  Tanggung-jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan , negara dan Allah SWT.
o  Menghargai Prestasi : Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
o  Menurunkan rumus volume bangun ruang

o  Menghitung volume bangun ruang

Tes

essay dan kinerja
o  Buatlah laporan hasil percobaan serta kesimpulan rumus-rumus volum yang didapatkan!
o  Berapakah volum prisma segi tiga yang memiliki luas alas 28 cm2 dan tinggi 12 cm?
o  Sebuah tabung memiliki jari-jari alas 28 cm dan tinggi 10 cm. Hitunglah volumnya!



Format Kriteria Penilaian      
Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1


 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.






 

CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                               Plososetro, 27 Nopember 2012
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Madrasah                                                         Guru Mata Pelajaran



        SUWASIS, S.Ag                                                             DIA KURNIAWATI
        NIP.   -                                                                            NIP.   -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar